Jumat, 03 Oktober 2014

Pulau di Madura Mempunyai Kadar Oksigen Terbaik di Dunia



Pulau Giliyang

Ana Uhibba, Dungkek - Indonesia terkenal sebagai negara dengan 1000 pulau, pulau yang indah nan eksotis tiada duanya. Banyak wisatawan asing berbondong-bondong hanya untuk melihat dan menikmati keindahan pulau di indonesia yang memiliki pantai yang indah dan masih alami. namun ada satu pulau yang berbeda dari pulau lain yang ada di indonesia yang patut dikunjungi yaitu Pulau Giliyang Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep. Pulau Giliyang  ini berbeda karena di klaim mempunyai kadar oksigen yang terbaik di dunia.

Dari hasil penelitian tim Pusat Pemanfaatan Sains Atmosfer dan Iklim LAPAN akhir Juli 2006 lalu, yang kemudian dilakukan kaji ulang pada 27 Desember 2011 lalu oleh BLH (Badan Lingkungan Hidup) Sumenep dan Jatim serta pihak Bappeda menunjukkan bahwa Pulau Giliyang satu-satunya pulau yang mempunyai oksigen terbaik di dunia sehingga sangat tepat bila kawasan itu dijadikan wisata kesehatan.

Sebagai gambaran, dari hasil penelitian Pulau Giliyang memiliki konsentrasi oksigen sebesar 20,9% dengan level explosif limit (LEL) 0,5%. Nilai kandungan tersebut berbeda dengan wilayah lain yang mempunyai nilai konsentrasi oksigen 20,9% dan LEL 0,0%. Ketika dikaji ulang, hasilnya pun sama yakni oksigen di pulau tersebut antara 3,3 hingga 4,8 persen atau di atas normal.

Pulau yang mempunyai luas 9,15 km2 ini terdiri dari dua desa, yakni Desa Banraas dengan 4.200 jiwa penduduk dan Desa Bancamara mempunyai 3.860 jiwa penduduk. Untuk mencapai lokasi, bisa ditempuh dengan perjalanan laut dari Pelabuhan Dungkek menggunakan Perahu Motor milik nelayan setempat dengan lama tempuh maksimal 1 jam.
Pulau Giliyang ini patut anda kunjungi jika ingin merasakan oksigen yang murni, pulau yang mulai dikembangkan oleh pemerintah daerah kabupaten sumenep sebagai lokasi wisata kesehatan yang nantinya bisa menjadi aset pendapatan pemerintah daerah kabupaten sumenep.

Selain mempunyai Kadar Oksigen yang terbaik, Pulau Giliyang mempunyai Potensi sebagai tujuan wisata yang wajib anda kunjungi karena Pulau ini memiliki pantai dengan pasir putih dan tempat-tempat yang masih asri dan sejuk. Di sebelah timur pulau terdapat tebing, lwarga setempat menyebutnya 'Batu Kundang' dan cocok untuk menjadi tempat mancing. Batu mirip pilar bangunan menjulang tinggi keatas itu sering menjadi lokasi istirahat para wisatawan. Tak jauh dari lokasi itu juga terdapat 10 Goa Air. Tujuh Goa berada di Desa Banraas dan tiga Goa lainnya masuk wilayah Desa Bancamara. Untuk pesisir laut yang berpasir berada di Desa Bancamara bagian selatan dan Desa Banraas bagian utara. Hamparan pasir putih dan tidak lengket itu membuat para pengunjung semakin betah menikmati keindahan pantai Pulau Giliyang.
Pulau Giliyang bisa ditempuh dengan perjalanan laut dari pelabuhan dungkek menggunakan perahu motor milik nelayan setempat dengan lama tempuh sekitar 45 menit.
Tarif yang dipatok para pemilik perahu hanya Rp5.000 perorang untuk sekali jalan. Dari pelabuhan Dungkek dilayani siang hari dan pagi dari pelabuhan Pulau Giliyang. Para nelayan juga melayani carter perahu dengan tarif Rp150.000 pulang pergi (PP).
Para pengunjung yang sudah sampai di Pulau Giliyang, dapat memanfaatkan jasa ojek untuk keliling pulau lewat darat dengan tarif Rp30.000 per orang. Sekitar 30 menit, sudah cukup berkeliling pulau tersebut.

Rincian Tarif Perjalanan :
·         Penyeberangan (Perahu motor) Rp. 5.000 sekali jalan
·         Keliling pulau (Ojek motor) Rp. 30.000 per orang
·         Keliling pulau (Carter) perahu motor Rp. 150.000 (Kapasitas 10 Orang)

Demikian Informasi mengenai Pulau Giliyang, Pulau dengan Kadar Oksigen Terbaik di Dunia semoga nantinya Pulau Giliyang menjadi Tujuan Wisata Kesehatan bagi mereka yang ingin menikmati Oksigen murni tanpa polusi

1 komentar:

  1. Saya sudah ke sana mbak, ke lokasi oksigen, gua, 2 pantai bareng temen2 blogger,, ternyata ketika liat di yutub masih banyak lagi gua serta pantai di giliyang yang belum saya kunjungi.. mungkin suatu saat bisa banyak tempat kesana..

    ini tulisan saya:

    Wisata Oksigen Pulau Giliyang

    BalasHapus